Berkunjung ke kediri tak lengkap rasanya jika belum merasakan kuliner terbaik kediri. Ketika mengunjungi suatu daerah memang wajib mencicipi makanan khas yang berasal dari daerah tersebut. Ada banyak sekali makanan khas kediri yanng siap menggoyang lidah.

Melansir dari Warta Blitar Jika anda hendak mengunjungi kota kediri berikut beberapa rekomendasi makanan yang wajib anda kunjungi:

1. Gethuk pisang

Salah satu makanan khas ini terbuat dari bahan pisang yang dibalut dengan daun pisang. Bentuknya mirip seperti lontong karena bentuknya yang memanjang. Makanan khas ini memiliki rasa yang unik yaitu manis dan sedikit asam

 

2. Soto kediri

Soto ayam kediri memiliki rasa seperti soto pada umumnya. Namun, soto kediri memiliki cita rasa yang lebih gurih karena soto kediri menggunakan santan sebagai kuahnya.

 

3. Pecel tumpang

Jawa timur memang terkenal sekali dengan kuliner pecel. Apabila anda berkunjung ke kota kediri jangan lupa  untuk mencoba pecel tumpang. Guyuran sambal pecel diatas berbagai macam sayur ditambah lagi dengan sambal tumpang sangat memanjaan lidah.

 

4. Tahu takwa

Kediri dijuluki sebagai kota tahu karena banyak sekali kuliner di kota kediri yang berbahan dasar tahu. Nah, salah satunya adalah tahu takwa. Tahu takwa memiliki rasa yang gurih dan tekstur tahu yang lembut ketika dimakan. Sehingga kuliner ini diburu oleh penikmat tahu baik warga sekitar atau pengunjung luar daerah.

 

5. Tahu poo

Selain tahu takwa, kediri juga memiliki makanan khas yang berbahan dasar tahu juga yaitu tahu poo. Berbeda dengan tahu takwa, tahu poo apabila digoreng bagian tengah tahu akan mengembang sehingga bagian dalam tahu akan kosong.

 

6. Stik tahu

Cemilan ini juga berbahan dasar tahu, apalagi kalauu bukan stik tahu. Stik tahu memiliki rasa  yang sangat gurih dan renyah. Cemilan ini diolah dengan bumbu rempah alami dan menggunakan cara tradisional.

 

7. Sate bekicot

Sate becikot merupakan makanan khas yang unik dan menarik. Biasanya sate berbahan dasar ayam atau daging, namun apabila anda berkunjung ke Kota Kediri anda akan menemukan sate bekicot. Selain diolah menjadi sate, bekicot juga diolah menjadi oseng-oseng dan keripik.

 

8. Sate emprit

Selain sate bekicot, kediri juga menyajikan sate emprit sebagai salah satu makanan khas. Bahan dasar sate emprit ini adalah burung emprit.  Daging burung emprit ini tercampur bersama asam , gula merah, bawang putih dan penyedap rasa.

 

9. Nasi goreng arang

Nasi goreng arang memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Menurut Garasi Dunia Dalam mengolah nasi goreng ini penjual menggunakan arang.  Adapun bumbu yang tergunakan antaranya rempah-rempah, kecap, garam tak lupa sebagai penglengkap menggunakan ayam kampung

 

10. Carang mas

Jajanan ini berbahan dasar ubi jalar. Carang mas ini memiliki rasa yang manis dan renyah. Jajanan ini cocok sebagai oleh-oleh bagi anda yang sedang berkunjung ke Kota Kediri.

Itulah beberapa makanan khas kediri. Apabila anda berkunjung ke kota Kediri tak ada salahnya untuk mencicipi berbagai macam kuliner yang ada di kota kediri.  Selain rasanya enak, harganya pun bersahabat.