Para job seeker pasti sudah sering membuat surat lamaran kerja.  Kenali beberapa tips buat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan komponen penting ketika melamar suatu pekerjaan. Para HRD akan lebih dahulu melihat surat lamaran kerja sebelum melihat dokumen pendukung lainnya.

Melansir dari Inovatips, Surat lamaran kerja memiliki pengaruh besar  bagi  pelamar untuk dipanggil ke tahap berikutnya. Namun masih banyak pelamar yang merasa kebingungan ketika membuat surat lamaran kerja. Oleh karena itu pelamar harus benar-benar menyiapkan surat  lamaran pekerjaan yang menarik. Sebelum itu, mari kenali dulu apa fungsi surat lamaran pekerjaan

Kenali  apa saja fungsi dari surat lamaran pekerjaan

1. Surat permohonan pekerjaan

Pada surat permohonan ini diajukan oleh pelamar yang bersifat resmi. Dan Surat permohonan ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan perusahan untuk memproses pelamar ke tahap selanjutnya.

2. Bahan pertimbangan

Di dalam surat lamaran kerja terdapat informasi yang dapat dijadikan HDR untuk mempertimbangkan pelamar untuk menerimanya atau menolaknya.

3. Alat komunikasi

Selain sebagai surat permohonan, surat lamaran pekerjaan dapat menjadi media komunikasi yang berisikan informasi pelamar seperti identitas pelamar dan informasi terlampir lainnya.

 

Beberapa  unsur  penulisan  yang perlu diperhatikan ketika menulis surat lamaran:

  1. Alamat pengirim berisi nama, alamat, email dan nomor telepon.
  2. Tanggal pembuatan surat lamaran kerja harus sesuai dengan tanggal ketika  membuat  surat lamaan kerja
  3. Nama perusahaan yang akan dilamar, cantumkan nama pimpinan dan alamat perusahaan
  4. Membuka surat dengan salam pembuka contonya “Dengan Hormat”
  5. Kemudian Paragraf pertama menyampaikan informasi tentang darimana  kalian mendapatkan informasi lowongan tersebut
  6. Lalu Paragraf kedua deskripsikan kemampuan kalian yang berhubungan dengan posisi yang akan kalian  lamar
  7. Dan Paragraf terakhir sampaikan ucapan terima kasihdan harapan kepada perusahaan
  8. Tutup dengan kalimat yang sopan
  9. Dan terakhir beri tanda tangan dan nama terang

Lalu surat lamaran pekerjaan seperti apa yang baik dan benar? Nah, untuk membantu kalian membuat surat lamaran perhatika beberapa tips berikut:

a. Mengesankan

Ceritakan mengenai diri kalian dengan menarik tanpa berlebihan namun tidak merendah

b. Pengalaman kerja

Ceritakan pengalaman kerja atau prestasi yang pernah kalian raih sehingga HRD akan mempertimbangkan lamaran kalian. Sampaikan kepada perusahaan mengenai posisi yang kalian inginkan sesuai dengan kemampuan yang kalian miliki.

c. Bahasa

Gunakanlah bahasa yang mudah dimahami seperti singkat, padat dan tidak bertele-tele. Tetap perhatikan susunan bahasa, tanda baca dan ejaan kata. Apabila kalian membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa inggris maka surat lamaran kalian akan memiliki poin tambahan sebagai pertimbangan HRD. Namun, jangan memaksakan diri untuk menggunakan bahasa inggris.

Bagaimana? Sudah jelas bukan cara menyusun surat lamaran kerja yang menarik. Itulah beberapa tips membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar agar dilirik HRD. Sekian dari Portal Kediri Semoga informasi ini dapat membantu kalian agar dapat kerja dengan cepat. Selamat  mencoba!