Universitas Pertamina sebagai Kampus Swasta Unggulan telah menyadari bahwa peruabahn iklim yang terjadi saat ini semakin terasa di seluruh penjuru bumi. Saat ini perubahan iklim sangat ekstim dimana es yang ada di kutub sudah banyak yang mencair, kemarau yang berkepanjangan, dan masalah terkait perubahan iklim yang lainnya

Seluruh dunia berusaha agar perubahan iklim tersebut tidak terjadi lagi dengan membuat kesepakatan internasinal yaitu untuk mencapai net – zero emission pada 2060. Indonesia juga memiliki kebijakan mengenai keseakatan tersebut yaitu untuk mencapai target Energi Baru dan Terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional pada tahun 2025 sebesar 23%.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial, menjelaskan mengenai pentingnya inovasi sebagai sebuah upaya untuk bisa meningkatkan produktivitas pada sektor energi di Indonesia. Inovasi tersebut  merupakan kunci dalam transformasi dan energi untuk bisa menciptakan perubahan dalam menjawab tantangan global. Inovasi juga bisa menjadi modal Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju dan terdepan

UKM Inovasi Energi Universitas Pertamina Untuk Transformasi Energi Di Indonesia

Sejalan dengan pernyataan sekertaris menteri tersebut, UKM Inovasi Energi Universitas Pertamina memiliki tujuan strategis untuk mencapai transformasi energi di Indonesia. Ahmad Hardiyansyah sebagai ketua UKM Inovasi Energi, ingin agar mahasiswa Universitas Pertamina bisa meningkatkan ketertarikannya pada isu-isu energi khususnya inovasi energi yang ada di Indonesia.

UKM Inovasi Energi tersebut berdiri dengan tujuan untuk menyadarkan mahasiswa Universitas Pertamina sebagai akademisi mengenai pentingnya transformasi energi di Indonesia

Kegiatan diskusi mingguan anggota UKM Inovasi Energi ini biasanya membahas tentang perkembangan energi, teknologi, inovasi, dan solusi energi terbarukan. Selain itu, mereka juga membangun komunikasi dengan komunitas mahasiswa Universitas lain yang memiliki minat yang sama dalam Inovasi Energi. Dengan hal tersebut, diharapkan mahasiswa Universitas Pertamina bisa membangun kolaborasi dalam Inovasi Energi dengan mahasiswa universitas lain.

Kolaborasi Dengan PT Pertamina

UKM ini mengadakan program Innovation Energy Challenge yang berkolaborasi dengan PT Pertamina. Program tersebut melibatkan 5 dosen dan 20 mahasiswa Universitas Pertamina, untuk melakukan penelitian terkait inovasi energi khususnya pada energi bersih. Kemudian hasil dari penelitian tersebut akan PT Pertamina terapkan pada unit kilangnya.

Apabila anda tertarik untuk bergabung pada Universitas Terbaik di Jakarta yaitu Universitas Pertamina (UPER), anda bisa mempersiapkan diri anda untuk Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Pertamina Tahun Akademik 2023/2024. Anda bisa mengakses informasi lengkap terkait dengan program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran pada laman ini https://pmb.universitaspertamina.ac.id.