Sebagai masyarakat yang sering membeli barang secara online, tentunya anda sering melakukan cek resi untuk mengetahui sudah sampai mana paket anda. Dengan begitu anda tidak akan merasa khawtir tenang pengiriman paket anda dan bisa melacak paket anda dengan mudah. Ketika berbelanja online melalui e-comerce, anda harus memperhatikan hak dan kewajiban dari pelanggan.

Memiliki kesadaran akan hak dan kewajiban pelanggan tersebut dapat anda terapkan dengan memperhatikan berbagai hal pada e-commerce ketika paket anda telah sampai di rumah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika paket anda telah sampai.

Jangan Klik Selesaikan Pesanan Dengan Terburu-Buru

Sebagai pelanggan yang cerdas, anda tidak boleh buru-buru mengeklik selesaikan pesanan sesaat setelah paket anda tiba tanpa mengecek paket anda terlebih dahulu. Jika anda mengeklik selesaikan pesanan tanpa mengecek paket anda, maka pihak e-commrece akan secara otomatis menyalurkan dana kepada penjual.

Segera Cek Paket

Ketika paket anda telah sampai di rumah anda, anda juga harus segera cek paket anda. Buka paket anda dengan mendokumentasikannya melalui video. Jika ternyata paket yang anda terima itu ternyata tidak sesuai atau rusak, anda akan bisa mengajukan komplain kepada penjual dengan menyertakan bukti video yang telah anda rekam sebelumnya. Anda harus mengajukan komplain dengan segera karena bisanya ada batas waktu pembeli bisa mengajukan komplain.

Cek Batas Waktu Complain

Anda juga perlu mempehatikan batas waktu komplain yang ada di e-commerce. Bisanya setiap e-commerce memberikan batas waktu komplain yang berbed-beda. Pastikan anda mengajukan komplain kepada penjual sesuai dengan batas waktu yang ada sehingga kendala atau masalah yang anda alami akan bisa teratasi dengan baik.

Berikan Review Kepada Penjual

Setelah paket anda sampai di rumah dan anda telah melakukan pengecekan terhadap paket tersebut, anda bisa memberikan review kepada penjual. Berikan review yang baik jika memang barang yang penjual kirimkan sesuai. Jika memang paket yang anda terima mengalami masalah, anda bisa memberikan review sesuai dengan bagaimana penjual menyelesaikan masalah tersebut. Jika penjual tersebut bertanggung jawab dengan baik, maka anda harus memberikan review yang baik juga. Namun, jika penjual terkesan lepas tangan terkait masalah yang anda hadapi, anda bisa memberikan review yang sesuai.

 

Nah, itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika paket anda telah sampai di rumah. Dengan melakukan cek paket dan berbagai hal-hal yang ada di atas, anda akan bisa melaksanakan hak dan kewajiban anda sebagai pembeli dengan baik. Jika anda ingin melakuakn lacak resi paket anda yang sedang dalam pengiriman, anda bisa menggunakan shipper.

 

Shipper bisa menjadi solusi untuk logistic digital bisnis yang anda tekuni. Dengan berbagai teknologi dan solusi yang shipper tawarkan, anda akan bisa meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan mengembangkan bisnis anda dengan baik. Anda bisa dengan mudah melakukan cek resi dan lacak paket di website Shipper. Masukkan hingga 10 kode nomor resi di website Shipper untuk mulai melacak pengiriman Anda. Untuk detailnya, anda bisa check di https://shipper.id/tracking.