Google merupakan perangkat yang sangat membantu manusia dalam berbagai macam hal. Google Collab, kependekkan dari Google Collaboratory, adalah salah satu produk dari Google Internal Research.

Dilansir dari e-book Logika Matematika untuk Analisis Algoritma karya Dr. Putu Harry Gunawan, Google Collab merupakan compiler dan editor bahasa pemrograman Python secara online. Selama menggunakan tools ini, Anda tidak perlu menginstal software tambahan lagi.

Untuk bisa menggunakan Google Collab, Anda hanya perlu akun Google untuk login dan menyimpan file Python ke Google Drive milik Anda. Dengan cara yang praktis dan dapat dilakukan dimana saja menjadi nilai plus untuk Google Collab. Simak manfaat Google Collab selengkapnya di bawah ini.

Beberapa 3 Manfaat yang Perlu Diketahui dari Google Colab dengan Jasa Pembayaran Online

– Kolaborasi

jasa pembayaran online
Sumber gambar: Canva

Google Collab memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan programmer lain dengan membagikan codingan secara online. Dengan begitu, Anda bisa belajar dari codingan milik orang lain dan mengerti lebih banyak mengenai program Python.

– Mudah Digunakan dan Sangat FleksibelĀ 

Penggunaan Google Collab juga sangat fleksibel. Sebetulnya, Anda tidak perlu membuka laptop atau PC untuk bisa menjalankan source code pada notebook. Anda bisa menggunakan HP milikmu selama HP itu terhubung dengan akun Google Drive.

– Mudah Terintegrasi

Google Collab terhubung dengan tools dari Google lainnya seperti Google Drive dan GitHub. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir file milikmu menghilang.

Adapun cara untuk menggunakan Google Colab dengan baik, di antaranya adalah:

  • Anda harus memiliki akun Google untuk bisa menggunakan Google Collab. Apabila belum ada, Anda bisa membuat akun Google terlebih dahulu.
  • Kunjungi laman colab.research.google.com. Anda akan langsung masuk ke halaman utama dari Google Collab.
  • Buat notebook baru dengan mengklik tombol New Notebook di bagian bawah kanan. Pilih antara New Python 3 Notebook atau Python 2 tergantung bahasa pemrograman apa yang hendak Anda gunakan.
  • Anda akan dialihkan ke halaman yang mirip dengan Jupyter Notebook. Setiap notebook yang Anda buat akan otomatis tersimpan di Google Drive dari akun Google milik Anda, jadi jangan khawatir.
  • Untuk menjalankan Python dengan menggunakan GPU atau TPU, Anda cukup klik Edit, kemudian pilih Notebook Settings. Pada bagian Hardware Accelerator, pilih GPU. Terakhir, klik Save.
  • Anda dapat mengunggah data yang akan diolah pada Google Collab dalam format csv. Caranya adalah cukup klik Upload, pilih file yang akan diunggah, kemudian klik Open.
  • Ketika Anda membuat file baru pada Google Collab, file tersebut biasanya tidak langsung terhubung dengan computing di Google. Untuk itu, klik panah ke bawah pada opsi Connect, kemudian pilih Connect to a hosted runtime.
  • Anda dapat mengubah tampilan notebook sesuai keinginan. Pilih opsi Tools, masuk ke Settings, lalu pilih Site.

Nah sekarang, Anda sudah sudah mengerti bagaimana cara Google Collab. Segera berlangganan Google Collab Pro dengan Jasa pembayaran online dari TemanPay. Seluruh transaksi secara online jadi lebih mudah, cepat, dan aman.