Sepanjang 2022, TikTok telah menjaring lebih dari 90 juta pengguna dan semakin menguatkan posisinya sebagai salah satu media sosial populer saat ini. Faktor ini pula yang membuat sejumlah pebisnis untuk mengembangkan brand-nya di sana. Apalagi sekarang ada TikTok analytics yang memudahkan Anda menganalisis engagement dan performa konten di sana.

 

Peran hashtag dalam konten TikTok

Seperti yang diketahui, TikTok memfokuskan kontannya pada video pendek berdurasi 15 detik sampai 3 menit. Para pengguna pun leluasa menyuntingnya dengan aneka stiker, caption, hingga lagu-lagu yang sedang viral di TikTok.

Video-video yang trending berpeluang besar masuk For Your Page (FYP). Begitu masuk ke laman tersebut, konten Anda dijamin akan cepat mendapatkan engagement tinggi, entah dari komentar, like, sampai sharing ke media sosial lain.

Salah satu trik yang dianggap akan meningkatkan peluang video masuk ke FYP adalah pemakaian hashtag yang relevan. Anda bisa menggunakan beberapa hashtag populer yang sudah tersedia atau membuat hashtag sendiri yang dapat disematkan pada challenge tertentu.

 

Namun untuk bisnis, hashtag sebaiknya relevan dan perlu diriset agar sampai ke audiensi yang ditargetkan. Untuk itu, Matamaya hadir menawarkan TikTok analytics untuk membantu menganalisis performa konten Anda. Termasuk di antaranya jenis hashtag yang sebaiknya digunakan supaya sampai ke konsumen yang tepat dan menggenjot konversi penjualan.